Kamis, 14 Oktober 2010

Windows Phone 7 Siap Bertarung

Kesuksesan BlackBerry, iPhone, dan ponsel berbasis Android membuat gerah sang raksasa sistem operasi, Microsoft. Sebagai upaya menahan gempuran tersebut, mereka memperkenalkan platform anyar: Windows Phone 7.
Peluncuran Windows Phone 7 menjadi akhir penantian delapan bulan. Soalnya, sejak platform ini diumumkan perdana Februari lalu di ajang Mobile World Congress 2010, para pemerhati peranti seluler terus membicarakan fitur-fitur anyar yang ditawarkan penerus Windows Mobile ini.
Rasa penasaran pun terjawab, setelah Steve Ballmer (CEO Microsoft) memperkenalkan secara resmi Windows Phone 7 di New York, Senin (11/10) lalu, Menurutnya, para pengembang Microsoft sudah mencurahkan segenap perhatian kepada platform baru ini supaya bisa memuaskan kebutuhan para pengguna ponsel.
(Windows Phone 7) akan selalu terasa menyenangkan dan merepresentasikan diri pengguna secara istimewa,” Ballmer menekankan misinya.
Ballmer mencontohkan, antarmuka Windows Phone 7 bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Pada kesempatan demo produk, ia menunjukkan avatar pada halaman awal (home screen) yang berwujud pria botak, seperti dirinya. Dalam halaman tersebut, terdapat juga susunan kotak yang menampilkan jumlah pesan, jumlah panggilan, jadwal hari ini, pemutar multimedia, peramban IE, dan pintasan ke jejaring sosial.
Namun, yang paling menarik adalah keberadaan Microsoft Office Mobile 2010 di dalam platform Windows Phone 7. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi para pengguna yang ingin membuka atau membuat dokumen Word, Excel, dan PowerPoint.
Lahirnya Windows Phone 7 ialah sebagai “usaha Microsoft memberi lebih banyak pilihan dibanding Apple, sekaligus lebih menjaga konsistensi dibanding Android,” demikian anggapan Ina Fried (kolumnis CNET). Yang pasti, kehadirannya akan semakin meramaikan perang platform di ranah seluler.
Akan berhasilkah Microsoft? Jawabannya mungkin baru bakal ketahuan setelah ponsel-ponsel bermuatan Windows Phone 7 dilempar mulai November depan – yang sayangnya, baru bisa dinikmati pasar AS dan Inggris Raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar